Ini mungkin kaedah yang agak berkesan untuk beri pengajaran kepada orang-orang yang tak puasa. Bagi tarbiyah di tanah perkuburan supaya ingat mati sikit... #VivaViral
MENINGGALKAN PUASA RAMADHAN TERMASUK DOSA BESAR
Oleh
Ustadz Abu Ismaโil Muslim al-Atsari
Puasa memiliki kedudukan yang tinggi dalam Islam. Ia salah satu dari rukun Islam yang lima. Barangsiapa berpuasa untuk mencari ridha Allรขh Azza wa Jalla dan sesuai dengan tuntunan Nabi Shallallahu โalaihi wa sallam , maka ia akan meraih kebaikan dan keutamaan yang sangat besar. Oleh karena itu kewajiban kaum Muslimin memperhatikan ibadah puasa dengan sebaik-baiknya.
MAKNA PUASA
Dalam bahasa Arab, puasa disebut dengan shaum atau shiyรขm, artinya menahan. Adapun menurut istilah syariโat, Syaikh Muhammad bin Shรขlih al-โUtsaimin rahimahullah berkata, โShaum adalah: beribadah kepada Allรขh Azza wa Jalla dengan menahan diri dari makan, minum, dan segala yang membatalkan, mulai terbit fajar (shadiq) sampai matahari tenggelam. (Syarhul Mumtiโ, 6/298)
MACAM-MACAM PUASA
Para ulama menyebutkan bahwa puasa ada dua: puasa wajib dan sunnah.
โข Puasa wajib, seperti puasa Ramadhรขn, kaffรขrah, dan nadzar.
โข Puasa sunnah, seperti puasa Senin dan Kamis, enam hari pada bulan Syawal, puasa Nabi Dawud, dan lainnya.
Selain itu ada juga puasa maksiat, seperti puasa pada hari โIdul Fithri dan Adh-ha, puasa mutih, puasa patigeni, puasa untuk mencari kesaktian, dan lainnya.
HUKUM PUASA RAMADHAN
Hukum Puasa Ramadhรขn sudah sangat dikenal oleh umat Islam, yaitu wajib, berdasarkan al-Qurโรขn, al-Hadits, dan Ijmaโ. Barangsiapa mengingkari kewajiban puasa Ramadhรขn, maka dia menjadi kafir. (Lihat al-Wajรฎz, hlm. 189)
Allรขh Azza wa Jalla berfirman.
ููุง ุฃููููููุง ุงูููุฐูููู ุขู
ููููุง ููุชูุจู ุนูููููููู
ู ุงูุตููููุงู
ู ููู
ูุง ููุชูุจู ุนูููู ุงูููุฐูููู ู
ููู ููุจูููููู
ู ููุนููููููู
ู ุชูุชููููููู
โWahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. [al-Baqarah/2:183]
Puasa Ramadhรขn merupakan salah satu dari rukun Islam yang lima. Rasรปlullรขh Shallallahu โalaihi wa sallam bersabda:
ุจููููู ุงููุฅูุณูููุงู
ู ุนูููู ุฎูู
ูุณู ุดูููุงุฏูุฉู ุฃููู ููุง ุฅููููู ุฅููููุง ุงูููููู ููุฃูููู ู
ูุญูู
ููุฏูุง ุฑูุณูููู ุงูููููู ููุฅูููุงู
ู ุงูุตููููุงุฉู ููุฅููุชูุงุกู ุงูุฒููููุงุฉู ููุงููุญูุฌูู ููุตูููู
ู ุฑูู
ูุถูุงูู
โIslam dibangun di atas lima tiang: Syahadat Laa ilaaha illa Allรขh dan Muhammad Rasรปlullรขh; menegakkan shalat; memberikan zakat; haji; dan puasa Ramadhรขnโ. [HR. al-Bukhรขri, no. 8; Muslim, no. 16]
Syaikh Abdul โAziz ar-Rรขjihi -hafizhahullรขh- berkata, โBarangsiapa mengingkari kewajiban puasa (Ramadhรขn), maka dia kafir, murtad dari agama Islam. Karena dia telah mengingkari satu kewajiban besar dan satu rukun dari rukun-rukun Islam, serta satu perkara yang diketahui dengan pasti sebagai ajaran Islam. Barangsiapa mengakui kewajiban puasa Ramadhรขn dan namun dia berbuka dengan sengaja tanpa udzur, berarti dia telah melakukan dosa besar, dia dihukumi fasik dengan sebab itu, namun tidak dikafirkan menurut pendapat yang paling kuat dari pendapat Ulama. Dia wajib berpuasa, dan Penguasa muslim (harus) menghukumnya dengan penjara atau dera atau kedua-duanya. Sebagian Ulama berkata, โJika seseorang berbuka puasa Ramadhรขn dengan sengaja tanpa udzur, dia menjadi kafirโ. [Ilmรขm bi Syai-in min Ahkรขmis Shiyรขm, hlm. 1]
ANCAMAN MENINGGALKAN PUASA RAMADHAN TANPA UDZUR (ALASAN)
Puasa Ramadhรขn merupakan salah satu dari rukun Islam yang lima, maka orang yang meninggalkannya atau meremehkannya akan mendapatkan siksa yang pedih di akhirat.
Di antara hadits dan riwayat tentang bab ini adalah :
ุนููู ุฃูุจูู ุฃูู
ูุงู
ูุฉู ุงููุจูุงููููููู ููุงูู ุณูู
ูุนูุชู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ููููููู : ุจูููููุง ุฃูููุง ููุงุฆูู
ู ุฅูุฐู ุฃูุชูุงููู ุฑูุฌููุงููู ููุฃูุฎูุฐูุง ุจูุถูุจูุนูููู ููุฃูุชูููุง ุจูู ุฌูุจููุงู ููุนูุฑูุง ููููุงูุงู ูููู : ุงุตูุนูุฏู ููููููุชู : ุฅููููู ูุงู ุฃูุทูููููู ููููุงูุงู : ุฅููููุง ุณูููุณูููููููู ูููู ููุตูุนูุฏูุชู ุญูุชููู ุฅูุฐูุง ููููุชู ููู ุณูููุงุกู ุงููุฌูุจููู ุฅูุฐูุง ุฃูููุง ุจูุฃูุตูููุงุชู ุดูุฏููุฏูุฉู ููููููุชู : ู
ูุง ููุฐููู ุงูุฃูุตูููุงุชู ููุงูููุง : ููุฐูุง ุนูููุงุกู ุฃููููู ุงููููุงุฑู ุ ุซูู
ูู ุงููุทููููู ุจูู ููุฅูุฐูุง ุฃูููุง ุจูููููู
ู ู
ูุนููููููููู ุจูุนูุฑูุงูููุจูููู
ู ู
ูุดููููููุฉู ุฃูุดูุฏูุงููููู
ู ุชูุณูููู ุฃูุดูุฏูุงููููู
ู ุฏูู
ูุง ููุงูู ููููุชู : ู
ููู ููุคููุงูุกู ููุงูู : ููุคููุงูุกู ุงูููุฐูููู ููููุทูุฑูููู ููุจููู ุชูุญููููุฉู ุตูููู
ูููู
ู
Dari Abu Umรขmah al-Bรขhili, dia berkata: Aku mendengar Rasรปlullรขh Shallallahu โalaihi wa sallam bersabda, โKetika aku sedang tidur, tiba-tiba ada dua laki-laki yang mendatangiku, keduanya memegangi kedua lenganku, kemudian membawaku ke sebuah gunung terjal. Keduanya berkata kepadaku, โNaiklah!โ Aku menjawab, โAku tidak mampuโ. Keduanya berkata, โKami akan memudahkannya untukmuโ. Maka aku naik. Ketika aku berada di tengah gunung itu, tiba-tiba aku mendengar suara-suara yang keras, maka aku bertanya, โSuara apa itu?โ Mereka menjawab, โItu teriakan penduduk nerakaโ. Kemudian aku dibawa, tiba-tiba aku melihat sekelompok orang tergantung (terbalik) dengan urat-urat kaki mereka (di sebelah atas), ujung-ujung mulut mereka sobek mengalirkan darah. Aku bertanya, โMereka itu siapa?โ Mereka menjawab, โMeraka adalah orang-orang yang berbuka puasa sebelum waktunyaโ. [HR. Nasรขโi dalam as-Sunan al-Kubra, no. 3273; Ibnu Hibbรขn; Ibnu Khuzaimah; al-Baihaqi, 4/216; al-Hรขkim, no. 1568; ath-Thabarani dalam Muโjamul Kabรฎr. Dishahihkan oleh al-Hรขkim, adz-Dzahabi, al-Haitsami. Lihat: al-Jรขmiโ li Ahkรขmis Shiyรขm, 1/60]
Di dalam sebuah hadits diriwayatkan:
ุนููู ุฃูุจูู ููุฑูููุฑูุฉู ููุงูู ููุงูู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ู
ููู ุฃูููุทูุฑู ููููู
ูุง ู
ููู ุฑูู
ูุถูุงูู ููู ุบูููุฑู ุฑูุฎูุตูุฉู ุฑูุฎููุตูููุง ุงูููููู ูููู ูููููู ููููุจููู ู
ููููู ุงูุฏููููุฑู ููููููู
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, dia berkata, โRasรปlullรขh Shallallahu โalaihi wa sallam bersabda, โBarangsiapa berbuka sehari dari (puasa) bulan Ramadhรขn bukan dengan (alasan) keringanan yang Allรขh berikan kepadanya, maka tidak akan diterima darinya (walaupun dia berpuasa) setahun semuanya. [HR. Ahmad, no. 9002; Abu Dรขwud, no. 2396; Ibnu Khuzaimah, no.1987; dll]
Namun hadits didhaโifkan oleh Imam Ibnu Khuzaimah, syaikh Syuโaib al-Arnauth, syaikh al-Albani, dan lainnya, karena ada perawi yang tidak dikenal yang bernama Ibnul Muqawwis.
Walaupun hadits ini lemah secara marfรปโ (riwayat dari Nabi) akan tetapi banyak riwayat dari para sahabat yang menguatkannya.
Diriwayatkan dari Abdulah bin Masโรปd Radhiyallahu anhu bahwa dia berkata:
ู
ููู ุฃูููุทูุฑู ููููู
ูุง ู
ููู ุฑูู
ูุถูุงูู ู
ููู ุบูููุฑู ุฑูุฎูุตูุฉู ูููููู ุงูููููู ุจูููุ ููุฅููู ุตูุงู
ู ุงูุฏููููุฑู ูููููููุ ุฅููู ุดูุงุกู ุบูููุฑู ููููุ ููุฅููู ุดูุงุกู ุนูุฐููุจููู
Barangsiapa berbuka sehari dari (puasa) bulan Ramadhรขn dengan tanpa keringanan, dia bertemu Allรขh dengannya, walaupun dia berpuasa setahun semuanya, (namun) jika Allรขh menghendaki, Dia akan mengampuninya, dan jika Allรขh menghendaki, Dia akan menyiksanyaโ. [Riwayat Thabarani, no. 9459, dihasankan oleh syaikh Al-Albani, tetapi riwayat yang marfรปโ didhaโifkan. Lihat Dhaโif Abi Dawud โAl-Umm- 2/275]
Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thรขlib Radhiyallahu anhu, bahwa dia berkata:
ู
ููู ุฃูููุทูุฑู ููููู
ูุง ู
ููู ุฑูู
ูุถูุงูู ู
ูุชูุนูู
ููุฏูุง ููู
ู ููููุถููู ุฃูุจูุฏูุง ุทูููู ุงูุฏููููุฑู
Barangsiapa berbuka sehari dari (puasa) bulan Ramadhรขn dengan sengaja, berpuasa setahun penuh tidak bisa menggantinyaโ. [Riwayat Ibnu Hazm dalam al-Muhalla, 6/184]
Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, bahwa ada seorang laki-laki berbuka di bulan Ramadhรขn dia berkata :
ูุงู ููููุจููู ู
ููููู ุตูููู
ู ุณูููุฉู
Berpuasa setahun penuh tidak bisa menggantinya. [Riwayat Ibnu Hazm dalam al-Muhalla, 6/184]
Bahkan sahabat Ali bin Abi Thรขlib memberikan hukuman dera (pukulan) kepada orang yang berbuka di bulan Ramadhรขn, sebagaimana disebutkan di dalam riwayat :
ุนููู ุนูุทูุงุกู ุจููู ุฃูุจูู ู
ูุฑูููุงููุ ุนููู ุฃูุจูููู: ุฃูููู ุนูููููู ุจููู ุฃูุจูู ุทูุงููุจู ุฃูุชููู ุจูุงููููุฌูุงุดูููู ููุฏู ุดูุฑูุจู ุงููุฎูู
ูุฑู ููู ุฑูู
ูุถูุงูู, ููุถูุฑูุจููู ุซูู
ูุงููููู, ุซูู
ูู ุถูุฑูุจููู ู
ููู ุงููุบูุฏู ุนูุดูุฑูููู, ููููุงูู: ุถูุฑูุจูููุงูู ุงููุนูุดูุฑูููู ููุฌูุฑูุฃูุชููู ุนูููู ุงูููููู ููุฅูููุทูุงุฑููู ููู ุฑูู
ูุถูุงูู.
Dari Athaโ bin Abi Maryam, dari bapaknya, bahwa An-Najasyi dihadapkan kepada Ali bin Abi Thรขlib, dia telah minum khamr di bulan Ramadhรขn. Ali memukulnya 80 kali, kemudian esoknya dia memukulnya lagi 20 kali. Ali berkata, โKami memukulmu 20 kali karena kelancanganmu terhadap Allรขh dan karena engkau berbuka di bulan Ramadhรขnโ. [Riwayat Ibnu Hazm di dalam al-Muhalla, 6/184]
an-Najasyi ini adalah seorang penyair, namanya Qais bin โAmr al-Hรขritsi. Dia mengikuti Ali sampai Ali menderanya, kemudian dia lari menuju Muโawiyah. Lihat: al-Jรขmiโ li Ahkรขmis Shiyรขm, 1/60)
Semua riwayat di atas menunjukkan bahwa meninggalkan puasa sehari di bulan Ramadhan tanpa udzur merupakan dosa besar, maka bagaimana jika meninggalkan puasa sebulan penuh? Tentu dosanya lebih besar. Oleh karena itu seorang yang ingin selamat di dalam kehidupannya, hendaklah dia melaksanakan perintah-perintah Allรขh dan meninggalkan larangan-laranganNya, sehingga meraih keberuntungan di dunia dan akhirat.
Wallahul Mustaโan.
Subscribe to:
Post Comments
(
Atom
)
Post a Comment